Penerus budaya “sunda”

Standar

Tidak dapat dipungkiri kalau saat ini budaya sunda titipan leluhur sudah mulai luntur terkikis budaya timur. Itu semua dapat dibuktikan secara realisis lihat perbandingan anak yang mulai menginjak usia 13 tahun atau sudah masuk smp lebih memilih mana apakah memilih untuk melestarikan budaya sunda sebagai titipan leluhur atau memilik musik dari grup musik / band. Dan tentu saja mereka akan memilih band dan itu sudah pasti, jangankan anak yang sudah menginjak usia 13 anak yang masih sekolah dasar pun sudah gemar dengan band. Sungguh ironis jika kita melihat ketika  ada sebuah pentas musik dengan aliran keras, anak kecil atau anak yang mulai beranjak remaja mengenakan pakaian dan aksesoris yang sangat mencolok dengan hiasan rantai panjang disekitar celana gelang tangan yang penuh duri dari besi yang sengaja ditonjolkan tata rambut yang dibikin seperti bulu landak dan ditutupi dengan warna rambut yang beraneka warna. mengerikan sekali melihat kenyataan tersebut.

Padahal jika kita mau belajar terlebih lagi jika mau mendalami budaya sunda titipan leluhur kita akan sangat banyak sekali pembelajaran yang akan kita dapat. contoh untuk jenis alat musik sunda sangat beraneka ragam berapa jenis alat musik yang ada, dari alat musik yang disebut gambelan itu ada beberapa alat musik seperti gendang (kendang), saron, penerus, gong (disunda disebut goong), kecapi, suling, rebab, gambang. Ada juga alat musik dari bambu seperti angklung yang sudah sangat terkenal saat ini (malah ada yang mengklaim tuh heeehee….!!), calung. Coba jika kita mempelajari alat musik itu semua hingga mahir memainkan alat musik itu sudah pasti anda akan menjadi seorang guru musik (pahlawan tanpa tanda jasa).

Seandainya anak-anak yang mau melestarikan budaya sunda ini lebih banyak, seni dan budaya sunda ini tidak akan tersisihkan budaya lain.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s